Minggu, 06 September 2015

Rian Saadillah

Apakah Modal itu harus berupa uang?


MODAL, sebelum kita bicara lebih jauh mengenai modal, mungkin kalian udah tau ya modal itu apa? tetapi untuk lebih meyakinkan. Kita cari tahu dulu modal itu apa sih? Secara umum, Modal memiliki banyak arti yang berhubungan dalam ekonomi, finansial dan akunting. Dalam dunia finansial dan akunting, Modal biasanya menunjuk kepada kekayaan finansial, terutama yang dalam penggunaan awal atau menjaga kelanjutan bisnis.

Modal menurut beberapa ahli di jelaskan sebagai berikut :
Menurut Alam, S : Modal adalah segala sumber daya hasil produksi tahan lama, yang dapat digunakan sebagai input produktif dalam proses berikutnya.

Menurut Bambang Riyanto, Modal adalah hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya kemudian modal ditekankan pada nilai, daya beli atau kekuasaan memakai dan menggunakan yang terkandung dalam beberapa modal.

Dari penjelasan diatas tentang pengertian dari modal, semoga kalian sudah mengerti ya apa sih modal itu? Tetapi mungkin secara garis besar pengertian dari modal itu sendiri membingungkan dan lebih ke Uang ya. Modal = Uang. Padahal Modal itu tidak selalu = Uang. Bagi kalian yang baru memulai suatu usaha, serigkali terkendala oleh 5 huruf tersebut yaitu MODAL. Nah kali ini rian-ss.blogspot.com akan menjelaskan atau memberikan sedikit edukasi bahwa modal itu tidak selalu = uang. Terus apa dong :

1. Ide

Ide = Modal? Iya dong, kalo kalian gak punya ide kalian mau bisnis apa. Dengan ide kalian sudah memgang modal 20%. Karena tanpa ide kalian tidak akan tau akan memulai dari mana dan menyiapkan apa untuk bisnis kalian.

2. Niat


Banyak orang menganggap bahwa niat bukan modal, tetapi jika niat kalian kuat dan ditambah dengan motivasi yang kuat berarti kalian sudah menyiapkan modal 5%. Memang sedikit lebih rendah dibanding dengan ide, karena tidak cukup dengan niat saja kawan. Tetapi dengan niatlah kalian memulai sesuatu dan berlanjut ke ide bisnis.

3. Gadget


Gadget bisa menjadi modal lo, terutama buat kalian yang ingin memulai bisnis online yang sedang banyak digandrungi oleh remaja masa kini hahaha. Dengan memiliki gadget kalian sudah memiliki modal 70% kemudian kalian tinggal nentuin ide bisnis online apa yang ingin kalian buat.

4. Skill/Talenta


Skill dan talenta adalah modal yang tidak bisa diuangkan, kalo kalian ingin usaha dan kalian punya skill di usaha yang akan kalian rintis kalian sudah memiliki 80%  dan tinggal kalian jalankan.

Sebenarnya masih banyak lagi modal yang tidak harus sama dengan, tetapi karena keterbatasan penulis untuk menjelaskan lebih banyak lagi, kalian bisa menambahkan dengan cara menulis di komentar, semoga bermanfaat ya

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :