Kamis, 03 September 2015

Rian Saadillah

Beberapa Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Bisnis

Kamu masih kuliah, atau udah lulus, udah mikirin mau kerja dimana, atau sudah mencoba melamar pekerjaan? sudah yakin bakalan keterima? Udah batalin aja niat kamu untuk kerja. Saya akan mencoba memberikan alasan kenapa kamu harus membatalkan niat kamu untuk kerja dan memulai suatu bisnis. Kalo kita bisnis kan kerja juga? yup betul sekali, tetapi bedanya kalian yang menjalankan roda usaha kalian sendiri. Kalian menjadi bos sekalian menjadi karyawan. Udah jangan banyak tanya, baca aja alasannya 

1. Cari Kerja Susah


Setiap tahun atau tiap semester universitas maupun perguruan tinggi melakukan acara wisuda untuk mahasiswa terbaiknya, setiap universitas maupun perguruan tinggi melakukan acara wisudawan dan wisudawatinya 2 sampai 3 kali dalam setahun. Setelah mereka keluar dari perguruan tinggi dan universitas tempat mereka  menimba ilmu, tentu mereka kemudia akan mencari kerja. Ada juga yang mereka khusus di siapkan olehorang tuanya atau kerabatnya untuk langsung memasuki sebuah perusahaan. tapi persentasi dari kategori ini bisa di bilang sangat kecil. Selebihnya mereka akan mencari kerja di perusahaan atau BUMN yang mereka minati sesuai dengan jurusannya. Namun ada juga yang mereka akan melanjutkan ke jenjang pedidikan yang lebih tinggi. Tetapi kembali lagi ke awal bahwa sebagian besar mereka akan mencari pekerjaan.
Menurut data dari Kompas.com pada tahun 2010, data sarjana yang siap nganggurberkisar 1.142.751 sarjana, bayangkan mereka tersebar di seluruh indonesia, danbelum lagi yang lulusan SMA ataupun SMK. Kalian akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang untuk mendaftar di satu atau lebih perusahaan. Kalo kalian keterima itu mungkin akan menguntungkan, kalian dapat pekerjaan. Tapi kalo kalian kalah saing dengan yang lain,itu mimpi buruk bro kalian nganggur.

2. Mandiri

Membangun bisnis sendiri membuat kalian akan mandiri secara financial, karena akan mengelola usaha kalian sendiri, memenej karyawan kalian kalo kalian memiliki karyawan, kalian akan mengelola pemasukan bisnis kalian dan masih banyak lagi yang akan kalian dapatkan ketika kalian membangun sebuah usaha. Kalian tidak akan di intervensi oleh siapapun karena usaha atau bisnis itu milik kalian. Tidak ada yang namanya kerja dibawah tekanan dari pimpinan kalian. Kalian bisa mengembangkan bisnis atau produk kalian sendiri. 

Kalian tidak harus bangun pagi dan pulang malam, kalian bisa ngapain aja, gak ada yang namanya susah minta libur. Jika usaha kalian berjalan dan sudah memiliki sistem yang bagus, kalian tinggal mengontrol. Enak kan. Udah mulai mikirin bisnis apa yang akan kalian geluti dari sekarang.
3. Bisnis Itu Gampang-Gampang Susah

Banyak banget pertanyaan ketika orang sudah dihadapkan dengan kata bisnis atau wirausaha. Memulai bisnis itu tidak sesusah dan serumit yang kalian bayangkan, atau bisa di bilang susah susah gampang. Susahnya adalah Modal, modal aalah hal yang paling krusial didalam bisnis. Tapi sedikit kita menyinggung tentang modal, modal itu tidak hanya uang lo, Terus ? kalian bisa lihat disini : (Apakah Modal itu harus berupa uang?)

Buat kalian yang baru memulai sebuah bisnis, utnuk modal kalian bisa pinjam di orang terdekat kalian dahulu, tidak disarankan untuk meminjam langsung ke bank. Meminjam di bank untuk pengembangan bisnis kalian atau jika bisnis kalian sudah berjalan. Kemudian yang kedua adalah ide bisnis apa yang akan kalian bangun. Menurut saya kedua hal tersebut yang paling susah, gampangnya jika kedua point diatas sudah ada tinggal kalian jalankan deh... Jangan menyerah sebelum mencoba

4. Ada Bantuan Pemerintah


Buat kalian yang sudah punya ide bisnis tetapi kalian belum punya modal, jangan khawatir kawan. Pemerintah saat ini memberikan kesempatan bagi wirausaha, baik yang sudah berkembang atau memulai sebuah binis untuk meminjamkan modal maksimal 25jt. Gemana kurang apa coba hehehe jadi ayo mulai memkirkan bisnis apa yang akan kalian buat.

5. Menantang

Membangun bisnis juga punya tantangan. Bagi kalian yang suka tantangan kerja. membangun bisnis adalah tantang yang paling ajib. Karena apa? Karena untung rugi yang dalam bisnis akan kalian tanggung. Kalian untuk buat kalian, dan kalian rugi buat kalian. Tantangan berikutnya adalah mencari konsumen atau pelanggan, bagaimana bisa bisnis kalian lancar tanpa adanya konsumen atau orang yang beli atau orang yang menggunakan jasa kalian. Jadi kurang menantang apa kawan.

6. PHK


PHK atau pemutusan hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan. PHK banyak terjadi akhir-akhir ini, alasannya pun bermacam-macam, ada juga yang alasannya perusahaan tidak mampu menggaji karena pendapatan menurun dan ada juga karena karyawan tersebut sudah tidak layak dipertahankan. Masih banyak lagi, kalo kamu punya bisnis atau usaha sendiri, kalian akan selamat dari PHK. Kan kamu pemimpinnya dan pemegang kuasa penuh.

Semoga beberapa alasan diatas dapat membuka wawasan kalian, dan selamat mencoba

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :