Sabtu, 12 September 2015

Rian Saadillah

10 Tempat di Indonesia yang Wajib Kalian Kunjungi Walaupun Sekali Seumur Hidup

Berkunjung ke tempat-tempat terindah adalah impian semua orang ketika waktu liburan panjang tiba. Objek wisata yang di miliki oleh indonesia banyak sekali, mulai dari laut, danau, pegunungan, air terjun, sunga-sungai yang indah dan masih banyak lagi yang bisa di kunjungi. Tetapi dari sekian banyak objek wisata tersebut tidak semua dapat kalian kunjungi satu persatu. Apa lagi Objek wisata tersebut tergolong jauh dari tempat tingal, biasanya untuk liburan, orang akan memilih objek wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Karena alasannya adalah hemat waktu, tenaga dan biaya, palingjauh pun biasanya hanya keluar kota saja. Tetapi wajib bagi kamu liburan ke tempat yang jauh walaupun sekali seumur hidupmu.

Tempat-tempat indah yang kalian kunjungi tidak perlu yang berada di luar negeri atau ke kutub utara, karena di indoensia saja masih banyak menyimpan objek wisata yang tidak kalah indahnya dengan di luar negeri. Mau tau dimana itu, simak di bawah ini :

1. Pantai Ora Maluku
Pantai Ora adalah salah satu Pantai terindah yang berada di Desa Saleman, Kecamatan Seram, Maluku Tengah. Pantai ini memiliki air yang sangat jernih, saking jernihnya kita dapat melihat koral dan ikan yang berwarna warni berenang di terumbu-terumbu karang. Keunikan lainnya yang dimiliki oleh pantai ini adalah pantai ini memiliki 6 resort yang bernama Ora Beach Resort yang semuanya terbuat dari kayu. 


Setiap Cottagenya dapat menampung sampai 3 orang, sangat cocok sekali buat kalian yang berbulan madu. Kalian akan mendapatkan pengalaman baru dan tentunya romantis banget. Latar belakang cottage ini adalah taman nasional Manusela ditambah lagi dengan air jernih yang kebiruan menjadikan pemandangan Pantai Ora begitu menarik dan luar biasa. 
Pantai Ora akan terlihat jernih pada siang hari di hiasi dengan ikan yang berwarna warni dan terumbu karangnya yang masih terawat dan terjaga. Begitu juga di malam hari, kalian bisa menikmati bintang berkelap kelip yang dipantulkan oleh air yang jernih, anda akan seperti duduk di atas kaca. Luar Biasa...

2. Pulau Derawan

Kepulauan derawan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian, pulau ini berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang sudah terkenal di dalam negeri maupun manca negara. Kegiatan yang biasanya di lakukan oleh para pengunjungnya adalah kegiatan menyelam maupun snorkeling. Mengunjungi penangkaran penyu, ubur-ubur dan biota laut lainnya termasuk diantaranya adalah menikmati terumbu karangnya yang indah.



Seperti yang kalian saksikan di televisi, para penyelam dapat berinteraksi dengan ubur-ubur tetapi di pulau kakaban. Kepulauan yang termasuk dikabupaten berau meliputi Derawan, Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Setiap pulau tersebut memiliki keunikan masing-masing yang dapat kalian nikmati dan kalian eksplore.

3. Danau Kakaban


Pernah nonton Film Spongebob? Kegiatan yang paling menyenangkan Spongebob adalah menangkap ubur-ubur bersama patrick. Buat kalian yang ingin bermain dengan ubur-ubur Danau Kakaban adalah pilihan yang tepat bagi kalian. Di Danau Kakaban kalian bisa menangkap ubur-ubur tanpa khawatir akan disengat karena menurut pengalaman orang yang pernah kesana, ubur-ubur yang ada di danau kakaban tergolong jinak sehingga tidak akan menyengat kalian.


Menurut informasi, ubur-ubur yang ada di pulau Kakaban terdapat didua tempat didunia yaitu di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur dan Jellyfish Lake di Pulau, Mikronesia dikawasan tenggara Laut Pasifik. Istimewa memang karena hanya terdapat di dua tempat saja didunia. Keunika ini sendiri dapat membuat Pulau Kakaban memiliki nilai plus bagi pengunjungnya.

Danau Kakaban terketak di Kabupaten Berau Kalimantan Timur, tidak terlalu jauh dari tetangganya yang terkenal yaitu pulau derawan. Pulau Kakaban masih tergolong masih asri karena letaknya yang terpencil dan akses menuju kesana belum terlalu memadai di bandingkan dengan tetangganya yaitu Derawan. Liburan ke Pulau Kakaban jangan lupa persiapkan baju renang ya karena tidak afdol banget kalo kalian gak nyemplung berenang bersama ubur-ubur.

4. Raja Ampat Papua


Siapa yang gak kenal dengan Raja Ampat,, Ketenarannya sudah mendunia karena keindahannya yang begitu eksotis. Dengan keindahan yang dimilikinya sehingga dibuatkan film dokumenter yang di putar pertama kali di swiss yang berjudul "Edis Paradise 3" dimana di film ini mengangkat keindahan akam bawah laut Raja Ampat.  


Pulau Raja Ampat yang berada di daerah teritorial Papua Barat ini memiliki gugusan pulau dengan 610 pulau yang tersebar, tetapi hanya 35 pulau yang ditempati oleh penduduk. Luar biasa. Kelebihan kepulauan raja ampat ini adalah 75% spesies ikan di dunia ada disini dan ekosistemnya sangat terjaga dan masih asli. saking Tinggi nilai strategis kepulauan ini sehingga di lindungi oleh pemerintah dengan dibuatkannya Undang-undang. Pembuatan undang-undang ini bukan tanpa alasan, untuk mencegah perusakan ekosistem bawah laut untuk kepentingan bisnis. dan menurut kabar bahwa raja ampat saat ini menjadi fokus dunia dan menjadi laboratorium bahari. tertarik ingin kesana? siapkan modal yang besar ya...
5. Gili Terawangan Lombok


Saat ini Gili Terawangan sedang hangat di bicarakan sebagai salah satu destinasi wisata di tanah air. Bagaiamana tidak, pulau yang berada di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini memiliki pantai yang bersih, air yangjernihd engan gradasi warna kebiruan menjadi daya tarik pengunjung lokal, nasional maupun internasional. Dengan airnya yangjernih dan bersih, pengunjung dapat melihat terumbu karang secara lansgung dan melihat ikan berenang di antara terumbu karangnya.


Di pulau ini juga terkenal tanpa polusi karena segala jenis kendaraan yang mengeluarkan asap dilarang di pulau ini, transportasi yang ada di pulau ini hanyalah andong/becak/cidomo kereta kuda khas NTB dan sepeda yang dapat di sewa di pulau ini, untuk mengelilingi pulau. Pulau Gili terawangan dapat menikmati sunrise dan sunset karena pulaunya yang kecil sehingga ketika akan menikmati sunrise dan sunset maka pengunjung dapat berada di salah satu upuk barat atau timur menyesuaikan waktu tersebut.


Keindahan Gili terawangan diikuti juga dengan kehiduan malam di pulau ini, jajaran bar dan dentuman musik tidak boleh anda lewatkan jika kalian berkunjung ke pulau ini. Kehidupan di Gili Terawangan merupakan kehidupan yang hingar bingar dunia, bagi turis manca negara menyebut Gili terawangan sebagai paradise atau surga. Musisi Lokal Richard D'Gilis sampai mencipatakan sebuah lagu yang menggambarkan keindahan dan kehidupan di gili terawangan. Luar biasa bukan?

6. Danau Sentani Papua


Danau Sentani.. Ya Danau Sentani berada di Papua, danau ini berada dibawah Lereng Pegunungan Cyclops. Danau Sentani berada di ketinggian 75mdpl, danau ini memiliki daya tarik, karena di danau ini hidup Hiu Gergaji. Hiu in dinamakan Hiu Gergaji karena di mulutnya ada gigi yang berjejer yang membentuk gergaji. Tetapi oleh warga sekitar dinamakan hiu sentani karena habitatnya memang di Pulau ini.

Danau sentani memiliki keanekaragaman biota laut, sehngga banyak pengunjung melakukan aktivitas menyelam, memancing dan melakukan ski air. di Danau sentani bukan hanya hidup Hiu gergaji tetapi ada juga ikan yang unik yaitu ikan gabus sentani yang hampir punah. Kepunahannya bukan karena perilaku warga yang melakukan penangkapan secara besar-besaran tetapi karena telur-telur dari ikan gabus tersebut menjadi santapan lezat bagi ikan gabus toraja.



Ada hal yang unik dari kebiasaan warga disana, yaitu kebiasaan merokok didalam air. Ya merokok di dalam air, banyak pertanyaan bagaimana caranya merokok didalam air sedangkan api ketika menyentuh air maka api akan padam. Itulah keunikannya, cara merokoknya anti mainsteam memang karena apinya dimasukkan kedalam mulutnya.

Kebiasaan tersebut memang sudah lama dilakukan oleh warga disana, ketika menyelam menangkap ikan, untuk menghindari dinginnya saat menyelam maka merokok dengan cara terbalik yang sudah dijelaskan diatas untuk menghangatkan saat menyelam. tetapi ketika sudah di permukaan maka, rokoknya di balik kembali. Begtulah perilaku kehidupan warga disana saat menangkap ikan.

Dahulu, danau sentani dan sekitarnya digunakanuntuk pelatihan pendaratan pesawat amfibi. Landasannya dibangun oleh jepang ketika melakukan invasi militer ke indonesia kemudian diambil alih oleh Amerika Serikat pada tahun 1944.

7. Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat


Buat kamu para pendaki, atau yang hobi mendaki. Udah naklukin gunung mana aja? Belum lengkap petualangan kamu kalo belum naklukin Gunung Rinjani. Keindahannya beda dengan gunung lainnya di indonesia, memang setiap gunung memiliki typical, tantangan dan bentangan alam yang berbeda-beda tapi buat kamu yang hobi mendaki wajib nyobain naik Gunung Rinjani untuk melengkapi petualangan kamu.

Gunung Rinjani yang menjulang diutara Pulau Lombok atau sering juga disebut dengan Pulau seribu Masjid memiliki ketinggian 3726mdpl merupakan Gunung Tertinggi kedua di Indonesia dimana yang berada diurutan pertama di pegang oleh Pegunungan Jayawijaya Papua. Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual bagi orang hindu bali dan suku sasak, dimana gunung ini adalah gunung yang di sucikan dan dianggap para dewa bersemayam setelah Semeru dan Gunung Agung di Bali.



Gunung Rinjani memiliki 2 rute resmi pendakian yaitu rute senaru yang dapat ditempuh selama kurang lebih 10-12 jam. Rute ini lebih ramai karena digunakan oleh penduduk sekitar yang akan melakukan ritual adat sedangkan jalur sembalun memakan waktu 9-10 jam perjalanan terpaut 2 jam dari jalur senaru. Dibandingkan dengan jalur senaru, jalur sembalun tidka terlalu curam, jalur sembalun terbilang datar tetapi amat terik tetapi akan terobati dengan bentangan keindahan alam padang savana dan hutan yang sangat indah.

Ketika sudah mencapai puncak gunung tidak lengkap rasanya jika tidak turun untuk menikmati eksotisnya segara anak. Danau ini eksotis karena terletak diatas puncak tertinggi Gunung Rinjani. Bagi para pendaki yang sudah sering melakukan pendakian, meraka biasa menghabiskan waktu hingga 2 minggu camping di segara anak. Mereka hanya membawa persediaan makanan sepert beras untuk lauknya mereka biasa memancing di segara anak. Ada yang unik memancing di segara anak, menurut cerita yangberedar, umpan yang digunakan tidak boleh menggunakan pelet atau cacing harus menggunakan nasi atau roti, supaya ikan tidak ketagihan jika menggunakan umpan cacing. Karena cacing susah didapat diatas gunung. Tertarik ingin mendaki Rinjani?

8. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Sumatera Utara


Air terjun merupakan destinasi wisata menarik juga untuk dikunjungi, tetapi air terjun yang stau ini terbilang unik. Karena Air Terjun ini memiliki dua warna. Air Terjun Dua warna ini terletak di Desa Durin, Sirugun, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Prov. Sumatera Utara. Air Terjun Dua Warna ini terbentuk alami oleh letusan besar yang terjadi pada ratusan tahun silam. Warna Air Terjun ini berwarna biru muda ketika berada diatas sebelum terjatuh, dan ketika sudah terjatuh maka warna biru muda tersebut berubah menjadi warna keabu-abuan.



Menurut saya, warna kebiruan tersebut akibat pantulan dari cahaya matarhi yang dipantulkan sehingga menghasilkan warna kebiruan. tetapi bukan hanya warnanya saja yang membuat unik. Tetapi kandungan fosfor dari gunung Sibayak sehingga tidak lengkap rasanya jika kamu hanya menikmati secara visual saja. Jadi kalian tau maksud saya seperti apa yaitu mandi. Penasaran ingin mencoba. Datang saja langsung ke TKP ya.

9. Pantai Nusa Dua Bali

10. Danau Beratan

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
13 September 2015 pukul 00.46 delete

fotonya seger2 ya pak. besok kalo ada rejeki mampir satu2 deh kesana buat isi blog travelling :D

Reply
avatar