Rabu, 23 September 2015

Rian Saadillah

3 Air Terjun yang wajib kalian kunjungi di Kulonprogo

Air Terjun Kedung Pedut
Kulonprogo saat ini menjadi alternatif bagi para wisatawan untuk mengisi waktu senggangnya, mungkin jejeran pantai digunung kidul sudah mainstream ya. Tetapi bukan berarti Kulonprogo tidak memiliki wisata pantai, kulnprpgo juga menawarkan objek wisata diantaranya pantai, wisata alam hingga wisata bersejarah yang menjadi daya tarik wisatawan. Namun berdasarkan judul artikel kali ini adalah mapping objek wisata yang di kulonprogo, dan saya juga sudah bosan melihat pantai, jadi pada artikel kali ini saya akan mapping objek wisata alam khususnya air terjun. Hasil pencarian di internet, kulonprogo menyimpan banyak objek wisata air terjun ini jadi saya tertarik untuk mengeksplorenya, tetapi sebelum lansgung menuju ke TKP baiknya kita memetakan dulu sehingga nanti tujuannya terfokus jadi bukan di rencanakan di ketika jalan.

Sebelum masuk ke pembahasan, baiknya kita mengulas sedikit tentang kulonprogo, menjadi suatu yang aneh ketika kita ada niat mengunjungi suatu tempat tetapi kita tidak mengetahui letaknya dimana. Kulonprogo berasal dari dua kata yaitu “Kulon” dlam bahasa jawa berarti barat sedangkan “progo” yaitu sebuah sungai yang membatasi kabupaten ini disebelah timur, jadi kulonprogo berarti sebelahbarat sungai Progo.  Kulonprogo memiliki pesona alam yang indah untuk dikunjungi, berikut adalah air terjun yang wajib dikunjungi di kulonprogo 

1. Air Terjun Kembang Soka


Air Terjun Kembang Soka
Air Terjun ini dinamakan Air Terjun Kembang Soka karena dulu terdapat pohon soka yang ukurannya lumayan besar dan air dari pohon tersebut terus mengalir, sehingga airnya sering di manfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. Air terjun ini memiliki keunikan di banding dengan Air terjun lainnya yang terdapat di Kulonprogo. Keunikaannya dimana, air terjun ini memiliki batu yang berwarna kekuningan. Warna batu tersebut terbentuk karena proses alam yang secara bertahun-tahun dan pembiasan oleh sinar matahari sehingga membuat warna batu menjadi kekuningan.


Air terjun ini mulai di kenal oleh para wisatawan pada bulan desember 2014, jadi belum lama dikenal oleh wisatawan. Jadi masih alami dan terawat sendiri oleh alam. Tapi menurut sumber di internet untuk menjangkau Air Terjun ini hanya bisa dengan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang menuju kesana.


Lokasi :
Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta.

Retribusi 
-

Jarak :
33,5 km dari pusat kota

Jarak Tempuh
+/- 1 jam 9 menit

Maps


2. Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut adalah syurga tersembunyi yang dimiliki oleh kulonprogo, untuk mencapai air terjun ini perlu effort yang lumayan melelahkan karena harus menyusuri hutan dan jembatan sungai progo, tetapi setelah sampai di air terjun ini, rasa lelah seakan tidak terasakan karena keindahan dan jernihnya air membuat semuanya serasa setimpal dengan usaha yang di lakukan untuk mencapai air terjun ini.

Lokasi :
Desa Girimulyo, Kecamatan Jatimulyo, Kulonprogo

Retribusi 
Rp.2000,-

Jarak :
33 km dari pusat kota

Jarak Tempuh
+/- 1 jam 7 menit

Maps


3. Air Terjun Sidoharjo 

Air Terjun Sidoharjo
Air terjun ini biasa disebut oleh pengunjung sebagai air terjun perawan, karena airnya yang masih alami dan belum banyak di ketahui atau belum terlalu dalam di eksplore oleh pengunjung. Jadi wajar jika disekitar air terjun masih bersih dari sampah dan tangan- tangan jahil pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Gemercik air dan perpaduan dari kicauan burung membuat suasana menjadi menenangkan.

Lokasi :
Pedukuhan Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo

Jarak :
45 km dari pusat kota

Jarak Tempuh
+/- 1 jam 5 menit

Maps



Kalian teratrik pengen liburan kesana, rencanya saya akan mengeksplore air terjun yang ada di daerah kulonprogo bulan depan,kalo tertarik mau ikut jalan-jalan bareng bisa email aja ke email saya riansaadillahsukamdi@gmail.com tunggu petualangan saya di air terjun diatas ya. 

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :