Senin, 19 Maret 2018

Rian Saadillah

Apa Itu JSP (Java Server Pages)

Apa Itu JSP (Java Server Pages)

Apa itu Java Server Pages?
JavaServer Pages (JSP) adalah teknologi untuk mengembangkan Halaman Web yang mendukung konten dinamis. Ini membantu pengembang memasukkan kode java di halaman HTML dengan memanfaatkan tag JSP khusus, yang sebagian besar dimulai dengan <% dan diakhiri dengan %>.

Komponen Java Server Pages adalah jenis servlet Java yang dirancang untuk memenuhi peran antarmuka pengguna untuk aplikasi web Java. Pengembang web menulis JSP sebagai file teks yang menggabungkan kode HTML atau XHTML, elemen XML, dan tindakan dan perintah JSP yang disematkan.

Dengan menggunakan JSP, Anda dapat mengumpulkan masukan dari pengguna melalui formulir Webpage, menyajikan catatan dari database atau sumber lain, dan membuat Halaman Web secara dinamis.

Tag JSP dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengambil informasi dari database atau mendaftarkan preferensi pengguna, mengakses komponen JavaBeans, melewati kontrol antar halaman, dan berbagi informasi antara permintaan, halaman, dll.

Mengapa Menggunakan JSP?
JavaServer Pages sering melayani tujuan yang sama seperti program yang diimplementasikan menggunakan Common Gateway Interface (CGI). Tapi JSP menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan CGI.

Kinerja secara signifikan lebih baik karena JSP memungkinkan embedding Dynamic Elements di HTML Pages sendiri daripada memiliki file CGI yang terpisah.

JSP selalu dikompilasi sebelum diproses oleh server tidak seperti CGI / Perl yang mengharuskan server memuat interpreter dan skrip target setiap kali halaman diminta.

JavaServer Pages dibangun di atas Java Servlets API, jadi seperti Servlets, JSP juga memiliki akses ke semua Java Enterprise API yang kuat, termasuk JDBC, JNDI, EJB, JAXP, dll.

Halaman JSP dapat digunakan dalam kombinasi dengan servlet yang menangani logika bisnis, model yang didukung oleh mesin template servlet Java.

Akhirnya, JSP merupakan bagian integral dari Java EE, sebuah platform lengkap untuk aplikasi kelas enterprise. Ini berarti JSP bisa berperan dalam aplikasi yang paling sederhana hingga yang paling kompleks dan menuntut.

Keuntungan JSP
Berikut daftar tabel dari keuntungan lain menggunakan JSP dibandingkan teknologi lainnya -

JSP vs Active Server Pages (ASP)
Kelebihan JSP ada dua. Pertama, bagian dinamisnya ditulis di Jawa, bukan bahasa Visual Basic atau bahasa spesifik MS lainnya, jadi lebih kuat dan mudah digunakan. Kedua, portabel ke sistem operasi lain dan server Web non-Microsoft.

JSP vs Servlets Murni
Lebih mudah untuk menulis (dan memodifikasi!) HTML biasa daripada memiliki banyak pernyataan println yang menghasilkan HTML.

JSP vs Server-Side Includes (SSI)
SSI benar-benar hanya ditujukan untuk inklusi sederhana, bukan untuk program "nyata" yang menggunakan data formulir, membuat koneksi database, dan sejenisnya.

JSP vs JavaScript
JavaScript dapat menghasilkan HTML secara dinamis pada klien namun hampir tidak dapat berinteraksi dengan server web untuk melakukan tugas yang kompleks seperti akses database dan pemrosesan gambar dll.

JSP vs HTML statis
HTML biasa, tentu saja, tidak dapat berisi informasi dinamis.

Apa selanjutnya?
Saya akan membawa Anda selangkah demi selangkah untuk menyiapkan lingkungan Anda untuk memulai dengan JSP. Saya berasumsi Anda memiliki tangan yang baik dengan Java Programming untuk melanjutkan pembelajaran JSP.

Jika Anda tidak mengetahui Bahasa Pemrograman Java, maka kami akan merekomendasikan Anda melalui Tutorial Java untuk memahami Pemrograman Java.

Sumber : tutorials point

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :