Rabu, 16 September 2015

Rian Saadillah

5 Pekerjaan yang pas buat kamu yang ingin nyambi kerja sambil kuliah

Kuliah adalah suatu aktifitas yang kadang membuat orang bosan dan jenuh. Apalagi jika aktivitas yang di lakukan tidak ada yang lain atau monoton. terlebih lagi buat anak kos, bayangkan saja waktu yang kalian habiskan di kampus paling banyak adalah 4 - 6 jam sehari. Selebihnya di habiskan di kos dan kegiatan di kos biasanya tidur dan kadang kalo juga mengerjakan tugas.

Buat anak kos yang kondisi ekonomi agak membaik, biasanya mengisi dan menghabiskan waktu yang 6 jam - 8 jam untuk bermain dan selebihnya tidur di kos. Dan kehidupan berputar seperti itu terus setiap harinya. Bagi anak kos yang kondisi ekonominya kurangbaik, atau bisa dikatakan bekal yang diberikan orang tua cukup untuk makan dan kebutuhan sehari-hari, mungkin untuk menghabiskan waktu untuk bermain-main mungkin akan berfikir karena uang yang di bekali oleh orang tua cukup untuk makan.

Buat anak kos/anak kuliahan yang kondisinya pas-pasan tentu akan mencari cara untuk mendapatkan uang lebih mungkin sekedar untuk menambah uang jajan atau pun ada keinginan ingin membantu orang tua setidaknya bisa mengusahakan sendiri untuk makan di rantauan. Supaya kuliah kalian tidak terganggu dan kalian bisa bekerja sambil kuliah, pekerjaan yang paling di rekomendasikan adalah pekerjaan yang part time atau pekerjaan paruh waktu. Biasanya pekerjaan yang seperti ini, kalian bisa mengatur waktu dan menyusuaikan dengan jadwal kuliah kalian. Dibawah ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang cocok buat kamu yang ingin menyambi kuliah sambil bekerja :

1. Bekerja di Warnet atau menjadi Operator Warnet
Potret Operator Warnet di salah satu Warnet di Yogyakarta
Bekerja di warnet adalah pekerjaan yang direkomendasikan bagi mahasiswa karena jadwalnya yang fleksibel dan kita mengatur sendiri. Kerja di warnet memang menuntut kalian bisa begadang karena warnet atau game online di kota-kota besar seperti di jogja biasanya buka 24 jam. Tetapi karena jadwalnya yang fleksibel bisa menjadi pilihan kalian yang ingin mencari pengalaman kerja sambil kuliah.

2. Menjadi Waiters di Cafe atau Rumah Makan
 
Ilustrasi Waiters cafe
Bagi mahasiswa yang ngekos atau perantauan, bnekerja dirumah makan bisa menjadi pilihan yang bijak. Karena biasanya, bekerja dirumah makan mendapat jatah makan satu sampai 2 kali sehari tergantung kebijakan dari si pemiliki rumah makan atau cafe. selain bisa menghemat uang untuk makan, gaji yang kalian peroleh juga bersih karena makan sudah ditanggung oleh tempat kerja. Kalian juga bisa mengatur jadwal kuliah karena biasanya kerja di cafe adalah pekerjaan paruh waktu yang sangat cocok bagi mahasiswa tingkat akhir maupun mahasiswa yang baru semester awal.

3. Berjualan Online 
Ilustrasi Reseller
Saat ini setiap orang memiliki dan menggunakan teknologi dalam kesehariannya,baik untuk berkomunikasi, mengerjakan tugas dan berbisnis. Hampir setiap orang dari yang tua, muda dan anak-anak sudah dikenalkan oleh orang tuanya tentang teknologi. Buat kalian yang memiliki gadget, kalian bisa memanfaatkannya untuk jualan online, memang berjualan online sudah banyak sekali tetapi tidak ada salahnya kalian mencoba peruntungan di bisnis ini, kalian bisa menjadi reseller ataupun dropshiper. Kalian tidak mengeluarkan modal yang terlalu besar dan bisa kalian lakukan dimanapun dan kapanpun. Selamat mencoba

4. Menyediakan Jasa Antar Jemput Anak Sekolah  
Ilustrasi GOJEK
Buat kalian yang memiliki kendaraan bisa jadi peluang nih apa lagi di sekitar rumah atau kos kalian banyak anak-anak SD, SMP, SMA kalian bisa menawarkan jasa kalian. Yaa bahasa kasarnya sih Ojek sekolah begitu. Job desk kalian terbilang mudah dan gampang, karena hanya tinggal mengantar ketika berangkat ke sekolah dan menjemput ketika mereka pulang sekolah. Mungkin kesulitannya adalah meyakinkan pelanggan kalian pada jasa yang akan kalian tawarkan, kemudian keamanan juga jangan sekali-kali kalian nomor duakan karena yang kalian akan antarkan adalah anak dari pelanggan kalian, jadi jangan mengecewakan ok.

5. Menyediakan Jasa Kursus Private 
Ilustrasi Kursus
Buat kalian yang memiliki keahlian misalnya di bisa bahasa inggris, komputer, matematika dsb. Kalian bisa membuka jasa kursus private sesuai dengan keahlian kalian. Membuka jasa private seperti ini bisa menguntungkan kalian, karena kalian bisa sekalian belajar dan mengulang pelajaran kalian. selain bisa menjadi pemasukan bagi kalian, kalian juga bisa mengatur jadwal tetapi dengan catatan harus konsisten dan disiplin. Karena jasa yang kalian tawarkan adalah kepercayaan maka kalian harus bertanggung jawab dan jangan mengecewakan klien kalian ya. ;)

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :