Sabtu, 12 September 2015

Rian Saadillah

Menikmati Kebersamaan di Candi Boko


Candi Boko atau Istana Ratu Boko adalah salah satu dari banyaknya situs candi yang ada di jogja. Menurut sejarah, istana ini dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Istana ini awalnya bernama Abhayagiri Vihara atau yang berarti Bukit Kedamaian. Letaknya yang berada diatas bukit, menjadi keunikan sendiri bagi candi ini. Istana ratu boko terletak diatas 196mdpl dengan areal istana seluas 250.000meter persegi.




Istana Ratu Boko memang terkesan seperti tempat peristirahatan karena letaknya yang strategis yaitu diatas bukit. Di atas bukit kalian dapat melihat megahnya Candi Prambanan karena memang letaknya tidak terlalu jauh dari candi Boko. Kalian dapat menikmati sunset yang indah dari atas bukit sambil duduk bersama dengan pasangan maupun keluarga.






Bangunan Candi yang ada di komplek ini memang tidak seperti Candi Prambanan tetapi tempat ini menawarkan ketenangan dan kesejukan jika kalian pergi di sore hari. Candi Boko dapat diakses dari jalan jogja prambanan atau bisa juga dari berbah. Jarak tempuh darikota jogja sekitar kurang lebih 30 menit. Akses jalan menuju candi tergolong mudah karena jalananannya lumayan bagus dan mulus jadi kalian tidak perlu khawatir, rute ke candi boko memang menanjak karena yang letaknya diatas bukit.

Maps dari Jogja - Candi Boko

Biaya masuk ke candi boko 25.000/orang dan biaya parkir untuk sepeda motor 3000/motor. Tempat parkir juga sudah bagus dan ada petugasnya jadi keamanan untuk kendaraan bisa dikatakan aman tetapi kalian juga tetap perlu waspada dengan barang bawaan kalian.

Waktu yang tepat untuk ke candi boko adalah pagi hari sekitar jam 8 pagi sampai dengan jam 10, dan waktu sore hari mulai dari jam 3 sampai dengan jam 6.45. Karena jika lebih dari jam 6.45 areal candi akan di tutup oleh petugas yang berjaga.

Fasilitas yang disediakan pengelola sudah lumayan lengkap karena sudah disediakan tempat sampah, toilet dan mushola bagi yang muslim untuk melakukan ibadah. didalam kompleks candi juga sudah ada pedagang yang menjajakan dagangannya tetapi alangkah lebih baiknya jika kalian membawa makanan sendiri dari bawah, karena jika membeli didalam candi maka harga yang ditawarkan biasanya lebih mahal.

Peringatan :
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Jangan merusak Fasilitas dan candi
  • Jangan berbuat asusila dan membawa minuman keras
  • Taati Peraturan yang ada didalam objek wisata
Selamat liburan... ;)

Nah kalo ini aye ma cewek aye hahaha

 

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :