Sabtu, 20 Agustus 2016

Rian Saadillah

95% orang lolos interview setelah menerapkan 3 Rahasia ini

Inilah 3 Cara Ampuh Supaya Kamu Lolos Interview
Inilah 3 Cara Ampuh Supaya Kamu Lolos Interview
Interview adalah tahap kedua setelah kamu mengirim CV ke perusahaan yang kamu harapkan bisa bekerja disana. Di tahap ini bisa di katakan adalah tahap penentuan apakah kamu bisa di terima bekerja atau tidak. Salah sedikit saja bisa menjadi boomeran buat kamu untuk berhasil tidak di terima, maka dari pada itu pada tahap ini perlu beberapa persiapan yang matang supaya setidaknya bisa menarik minat interviewer pada kalian. Hal-hal yang perlu kalian persiapan sebelum interview adalah sebagai berikut :

1. Cari Tau Tentang Perusahaan Tempat Kamu Mendaftar
Pada point pertama ini sangat penting bagaimana tidak, masak iya kamu daftar di perusahaan tidak tau tentang perusahaan itu. Karena setidaknya kalian harus tau perusahan tersebut bergerak di bidang apa, jika di bidang pemasaran apa yang di pasarkan, produk apa saja yang di pasarkan atau di jual. Jika ingin lebih mendalam lagi perusahaan tersebut berdiri tahun berapa, siapa pemimpinnya dan bla..bla..bla.. Hal itu sangat perlu kalian ketahui karena biasanya itu di tanyakan oleh interviewer harapannya adalah sejauh mana anda mengetahui perusahaan ini, setidaknya jika kalian tau perusahaan tersebut artinya kalian sudah siap dengan semua konsekuensinya jika bekerja disana.

Dalam menjelaskan tentang perusahaan maka kalian perlu referensi yang kuat, saya merekomendasikan langsung dari website perusahaan tersebut. Jika perusahaan tempat kalian akan mendaftar belum punya web, kalian bisa langsung datang observasi ke perusahaan tersebut secara langsung dengan mengorek langsung dari HUMAS atau pegawai. Syukur-syukur kalian punya kenalan pegawai dari sana itu bisa lebih memudahkan kalian mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut.

2. Persiapkan Materi Sesuai Skill dan Posisi Yang Kamu Harapkan Di Perusahaan
Mempersiapkan materi sesuai posisi yang akan kalian masuki adalah hal yang wajib, apalagi kalian mendaftar posisi-posisi yang teknis misalnya programmer, teknisi, mekanik tentu interviewer akan melakukan test keahlian disana untuk mengukur skill kalian. Untuk mempersiapkan materi ini kalian tidak perlu berfikir yang terlalu jauh karena biasanya test tersebut adalah pengetahuan dasar-dasar saja. Tetapi sering kali mental akan jatuh karena kurang percaya diri dan grogi atau bisa juga over confident sehingga membuat interviewernya menjadi kesal. 

Buang jauh-jauh sifat yang satu itu karena overconfident tidak jauh dari sifat sombong dan arogan. Lakukan test sesuai instruksi dari interviewer jangan sekali-kali melakukan sesuatu yang tidak sesuai insteruksi dari interviewer. Melewati test skill memang membutuhkan ketenangan anggap saja kalian adalah orang yang paham dan bisa sedangkan interviewer kalian adalah orang awam. Jelaskan sesuatu yang bersifat tekhnis dengan kata yang mudah di pahami karena tidak semua interviewer kalian itu adalah orang yang paham atau orang yang ahli di bidang tersebut.

3. Persiapkan Pertanyaan Kepada Interviewer
Selain menerima umpan pertanyaan dari interviewer, disana biasanya kalian bisa mendapatkan atau diberikan waktu untuk bertanya. Gunakanlah waktu untuk bertanya tersebut dengan menanyakan hak-hak kalian jika nanti kalian diterima disana. Tanyakanlah hal-hal yang masih dalam lingkup kepegawaian jangan sampai keluar dari tema pembahasan. Aktiflah bertanya karena biasanya itu juga menjadi nilai tambah yaitu antusias dan terlibat secara aktif. 

Untuk lebih mempermudah nanti saat kalian di berikan waktu untuk bertanya maka sebaiknya persiapkan secara matang apa yang akan kalian tanyakan. Buatlah pertanyaan sebanyak mungkin kemudian kalian seleksi lagi yang perlu kalian tanyakan. Kalian bisa meminta pendapat kepada teman kalian yang sudah terlebih dahulu bekerja sehingga kalian tau dan punya pandangan tentang apa yang akan kalian hadapi nanti.

4. Doa Jangan Lupa
Doa adalah salah satu elemen yang sangat penting supaya kaliah dimudahkan saat berhadapan dengan interviewer. Sebagai seorang yang beragama tentu kegiatan berdoa sebelum melakukan apapun adalah wajib. Apalagi dalam menghadapi interviewer, berdoalah supaya kalian tidak gugup dan grogi menjawab semua pertanyaan. Setelah kalian berdoa dan melakukan point-point diatas maka serahkanlah kepada yang maha mengatur segala urusan.

Semoga bermanfaat

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :