Sabtu, 20 Agustus 2016

Rian Saadillah

Mau kuliah sambil kerja? Perhatikan 4 Hal penting ini

Hal-hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Jika Kuliah Sambil Kerja
Hal-hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Jika Kuliah Sambil Kerja
Masa-masa kuliah adalah masa yang paling indah, kita akan bertemu dengan teman-teman baru, ilmu baru dan tentu juga pengalaman baru. Tetapi bagi kamu yang kuliah di luar kampung halaman atau anak rantau sering kali akan terbentur dengan masalah keungan, kebutuhan yang mendesak ditambah kiriman dari orang tua di rumah yang sering telat. Apa lagi bagi mahasiswa yang notabene dari keluarga yang ekonominya pas-pasan. Tiap kali kita malu untuk menelpon ke rumah kalo uang yang di jatah untuk satu bulan habis belum waktunya. Sehingga terbersit di benak untuk mencari income tambahan, mencari income tambahan di kota yang paling aman menurut saya adalah bekerja parttime. Selain memudahkan dalam mengatur waktu juga tidak terlalu beresiko di bandingkan dengan membuka usaha, selain membutuhkan modal tentu juga membutuhkan waktu untuk mengelolanya. 

Tetapi jika bekerja ada beberapa hal yang perlu dan wajib kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasukkan lamaran kerja ke perusahaan. 

1. Kuliahmu Akan Terganggu
Saat kamu memutuskan untuk bekerja apa lagi kamu kuliah masih di semester-semester awal mau tidak mau kuliahmu pasti akan terganggu. Karena tanggung jawab kalian akan bertambah yaitu tanggung jawab ke orangtuamu yang menguliahkan, ingat kamu kuliah berarti orang tuamu secara tidak langsung menginvestasikan separuh pendapatannya. Kemudian yang kedua adalah tanggung jawab terhadap perusahaan tempat kalian bekerja. Walaupun kerja paruh waktu, ada saat dimana kalian mau tidak mau harus memilih antara pekerjaan dan kuliah. Contohnya jika rekan kalian sakit dan cuma ada kamu disana, jadi mau tidak mau kalian harus menggantikan temanmu yang sakit,sebagai rasa solidaritas antar rekan kerja. Kalo tidak bagaimana nanti kalo pas kalian terkena musibah dan tidak ada yang menggantikan, repot juga kan?

2. Larangan Dari Orang Tua
Saat kalian akhirnya akan bekerja, mau tidak mau orang tua kalian akan tau apalagi sebagian perusahaan ada kebijakan bagi mahasiswa harus atas pengetahuan orang tua. Biasanya sebagian orang tua akan melarang anaknya kerja sambil kuliah karena pertimbangan pada point pertama. Disanalah pintar-pintarnya kalian meyakinkan orang tua bahwa kalian tidak akan mengenyampingkan tugas utama kalian yaitu kuliah.

3. Waktu Mainmu Akan Berkurang
Wah.. ini jelas sekali waktu mainmu akan berkurang. Jika kalian bekerja kalian sudah tidak bisa kongko-kongko bareng tiap hari bersama teman-temanmu kecuali pas kalian libur kerja dan kuliah. Bagaiana tidak sepulan kuliah kalian langsung kerja, bisa juga kebalikannya apa lagi kalian yang anak nongkrong mesti juga akan ada omongan-omongan yang kurang membuat semangat dari teman-teman kalian.  Tetapi hal itu bisa kalian hindari dengan seolah-olah kalian tidak mendengar, toh juga yang kerja kalian bukan mereka. Bukankah nongkrong butuh biaya? 

4. Kamu Harus Pintar Bagi Waktu
Selain waktu mainmu berkurang point ini juga merupakan poin yang sangat penting dimana kamu harus pintar memanage waktu. Waktu kamu kuliah dan waktu kamu bekerja, waktu main mungkin bisa kalian mengesampingkan karena harus melihat prioritas. Jangan sampai waktu kerjamu mengganggu waktu kuliahmu dan begitu juga sebaliknya. Tetapi biasanya untuk awal-awal kalian akan merasa keteteran karena belum biasa tetapi seiring berjalannya waktu hal itu akan menjadi biasa.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan jika kalian akan memutuskan kuliah sambil bekerja. Semoga bermanfaat

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :