Rabu, 13 April 2016

Rian Saadillah

Membuat Project dengan Netbeans

Pada posting kali ini saya akan menshare kepada teman-teman cara membuat project menggunakan tools Netbeans. Untuk mengetahui terlebih dahulu apa sih Netbeans itu? Netbeans adalah sebuah IDE atau Integrated Development Environtment dari Sun Microsystem  yang berjalan diatas Swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger. Nah untuk teman-teman yang ingin belajar programming menggunakan Tools Netbeans caranya adalah sebagai berikut. 

Saya asumsikan bahwa teman-teman sudah menginstall IDE Netbeans ya, kemudian caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka IDE Netbeans
2. Setelah terbuka kemudian klik File > New Project 
Membuat Project dengan Netbeans

3. Setelah itu pilih Java > Java Aplication

Membuat Project dengan Netbeans
4. Setelah itu membuat nama project di kolom project name
5.Pada kolom Project Location adalah letak dari project, teman-teman bisa mengubah letak lokasi penyimpanan teman-teman dengan cara mengklik tombol browse
6. Pada kolom Project Folder adalah Letak Folder dari project yang teman-teman buat Lihat gambar dibawah

Membuat Project dengan Netbeans
7. Setelah itu klik tombol Finish

Membuat Project dengan Netbeans
Setelah itu maka akan tampil, tampilan seperti diatas yang menandakan bahwa project teman-teman sudah jadi dengan nama Pegawai.

Penulis 



Rian Saadillah Sukamdi

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :