Senin, 31 Agustus 2015

Rian Saadillah

Hey Girl : 5 alasan kenapa kamu harus bisa beladiri


Akhir-akhir ini banyak sekali terjadi kasus pelecehan seksual terhadap perempuan. Kekerasan dan pelecehan seksusal bukan hanya terjadi di tempat-tempat sepi tetapi sudah lumrah terjadi di tempat-tempat umum, misalnya akhir-akhir ini banyak terjadi didalam bus transjakarta di mana bus tersebut adalah fasilitas umum, dan banyak orang didalamnya.

Beberapa tahun lalu juga marak terjadi kasus pemerkosaan perempuan didalam angkot, di taksi, dan banyak juga kasus-kasus lain yang belum terungkap ke publik. Untuk lebih meyakinkan kalian saya akan berbicara data, menurut data Komnas Anti-Kekerasan terhadap Perempuan mencatat bahwa pada tahun 2013, kasus kekerasan terhadap perempuan mencapai 279.760 kasus, semakin meningkat dari tahun sebelumnya dimana tahun sebelumnya sebanyak 216.156 jadi ada peningkatan sebanyak 63604 kasus. Angka tersebut bukan angka yang kecil, dan angka tersebut berasal dari angka yang masuk berdasarkan laporan, bagaimana dengan kasus yang tidak dilaporkan atau dibiarkan, mungkin angka tersebut akan semakin banyak.

Peningkatan tersebut bukan hanya terjadi pada tahun tersebut, melainkan setiap tahun data pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan mengalami peningkatan. So,, apa sih sebenarnya yang terjadi, kenapa kebanyakan perempuan yang menjadi korban kekerasan atau pelecehan? Itu adalah tanda tanya yang besar. Ternyata alasan paling penting adalah, karena perempuan adalah mahluk yang lemah dan tidak berdaya, itulah alasan mengapa wanita sering menjadi korban pelecehan dan kekerasan. Kemudian setelah mengetahui alasannya mengapa? Ketika wanita dihadapkan pada suatu kondisi, sering kali wanita hanya diam saja dan tidak berani melawan, terlebih lagi jika yang melakukan itu adalah seorang laki-laki. Jadi disitulah mengapa wanita perlu mempelajari ilmu beladiri, tidak harus mendalami tetapi setidaknya bisa di gunakan ketika didalam kondisi yang tidak menguntungkan. Apa sih alasan kenapa wanita perlu mempelajari beladiri, berikut kita akan ulas.

1. Beladiri sebagai pertahanan terakhir


Beladiri tidak hanya untuk laki-laki tetapi perempuan sangat penting untuk mempelajari ilmu beladiri. Jika kalian dalam kondisi yang tidak menguntungkan, misalnya saat kalian di todong atau di lecehkan. Bisa saja kalian teriak jika di TKP adalah tempat umum tapi bagaimana jika TKP tersebut tempat yang sepi? maka mau tidak mau kalian harus bisa memberi perlawanan sebagai langkah terakhir. Kalian tidak harus berkelahi secara frontal, tetapi kalian bisa menggunakan teknik-teknik beladiri yang kalian pelajari untuk melumpuhkan lawan kemudian kalian bisa lari menjauhi TKP. 

Untuk berkelahi secara frontal atau secara langsung atau head to head mungkin kalian tidak akan bisa menang melawan, tetapi setidaknya kalian bisa melakukan sesatu yang bisa kalian gunakan untuk melumpuhkan sementara. Untuk melumpuhkan sementara kalian harus memiliki teknik yang bagus yang bisa kalian pelajari di tempat latihan beladiri kalian. 

2. Meningkatkan kepercayaan diri


Belajar beladiri bukan hanya untuk belajar bagaimana memukul, menendang dan menangkis lawan, tetapi beladiri juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kalian. Mungkin kalian yang awalnya tidak berani keluar malam, atau jalan sendiri. Dengan berlatih beladiri, mental kalian akan terbentuk dengan sendirinya. Karena kalian sudah memiliki ilmu yang akan kalian andal kan jika suatu waktu terjadi sesuatu di jalan. 

3. Meningkatkan Kepekaan pada suatu kondisi yang tidak menguntungkan


Setelah kalian merasa Percaya diri dan Mental kalian terbentuk, maka kepekaan kalian terhadap lingkungan dan kondisi juga akan terbentuk. Dimana kepekaaan ini bisa kalian rasakan pada saat ada seseorang yang gelagatnya mencurigakan dan ingin mengarah pada suatu tindakan yang akan melecehkan kalian. Dengan kepekaan kalian membaca situasi maka kalian akan merasa tidak nyaman dan akan berpindah tempat ke yang lebih nyaman.

Kepekaan disini juga bisa di artikan dengan reflek atau tindakan yang tiba-tiba karena latihan kalian yang rutin. Misalnya teman laki-laki kalian memegang pundak kalian, karena kalian sering berlatih cara menghindari dan melindungi diri ketika pundak kalian di pegang, tiba-tiba kalian membanting teman kalian. Itu juga bisa terjadi looo, reflek tersebut bisa timbul tidak dengan latihan yang singkat dan praktis kayak di film-film gitu, tetapi tetap di latih dan terus menerus

4. Untuk Kesehatan


Selain untuk point kedua dan ketiga, latihan beladiri juga baik untuk kesehatan. Namanya juga beladiri, Beladiri = Olahraga, kalian yang awalnya suka lemes dan tidak bergairah dengan latihan beladiri, fisik kalian akan lebih kuat dan bugar. Mungkin pada awal latihan badan kalian akan lemas, tidak fit, pegal alias jarem(bahasa jawa), itu sudah biasa dan lumrah sekali terjadi ketika kalian baru pertama kali ikut beladiri.

Tetapi ketika kalian latihan dengan rutin dan terus menerus, fisik kalian juga akan semakin meningkat dan lebih sehat dari biasanya. 

5. Untuk Prestasi


Beladiri bukan hanya untuk kesehatan lo, jika kalian belajar dan berlatih dengan tekun, kalian juga bisa mengukir prestasi lo. Jika kalian berprestasi, kalian juga ada rasa bangga pada diri kalian apa lagi buat keluarga, teman, sahabat dan pacar kalian huhuy. Melihat pacar berprestasi itu rasanya kayak beli donut 1 tapi di kasi gratis 1 kayak gitu rasanya. Tapi yang terpenting didalam beladiri adalah bagaimana menempa diri kalian supaya kalian bisa memiliki mental yang bagus dan memiliki rasa kepercayaan tinggi yang tinggi. Dan bonusnya kalian bisa melindungi diri kalian dari pelecehan dan kekerasan yang marak terjadi saat ini. Kalo ada cowok yang nge-PHPin kamu, kalian bisa serang balik dengan ilmu beladiri kalian hahaha...

Saat ini banyak sekali beladiri yang menawarkan kelas untuk wanita, jadi kalian bisa meluangkan waktu kalian untuk berlatih beladiri sesuai minat kalian. Berlatih beladiri tidak bisa dilakukan sekali atau dua kali latihan, perlu usaha yang ekstra supaya kalian bisa tekun berlatih. Simple, jadikan beladiri sebagai passion kalian, maka kalian akan menikmatinya.

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :