Senin, 30 Maret 2015

Rian Saadillah

Membuat "event mouse klik" pada JButton java

Pada kali ini kita akan membuat event mouse klik pada JButton java, pertama-tama silahkan buat form terlebih dahulu kumudian drag and drop Jbutton, kemudian klik kanan dan ubah variable namenya dengan nama btnKlik, ini untuk mempermudah saja, tapi jika hanya satu tombol yang ada mungkin tidak akan masalah tapi jika sudah bekerja dengan mengharuskan memiliki beberapa dan banyak tombol maka harus dibuatkan variabel name untuk mempermudah peletakan sourcodenya. Ubah juga nama tombolnya dengan nama tombol atau apa saja sesuka hati anda hehhee

Sebenarnya evenr mouse clik ini bisa di aplikasikan di beberapa property java salah duanya adalah bisa di JButton dan Jlabel juga bisa, tapi lebih sering digunakan pada Jbutton.

Oke, saya sudah membuat tampilan form yang tempat meletakkan JButton yang sudah saya rubah namanya dengan nama "Tombol" dan variable namenya dengan nama "btnKLik".

Form
Langkah tempat menaruh sourcode
 
Kemudian hasil yang akan di harapkan adalah sebagai berikut :

Sebelum di klik

Setelah di klik
dibawah ini adalah sourcodenya :
private void btnKlikMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                    
    btnKlik.setText("Tombol Di Klik");
    }

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :