Senin, 14 April 2014

Rian Saadillah

Membuat objek mobil di java

Selamat pagi teman-teman, kali ini saya akan mencoba membuat objek mobil di java, sebenarnya sih ini tugas kuliah saya teman-teman tapi gak apa-apalah kalo saya share pada teman-teman. Menurut saya membuat objek di java susah susah gampang teman-teman, tapi kalo teman-teman sudah biasa ya jadi gampang, tapi karena saya baru jadi saya agak kesulitan teman-teman. Karena rasa ingin tahu dan semangat belajar yang tinggi akhirnya saya sedikit mengerti teman-teman, semoga teman-teman juga lebih giat belajarnya.

Pertama-tama kita akan buat framenya terlebih dahulu, dibawah ini saya akan mengshare sourcodenya  :

package Belajar;
import java.awt.Color;
import javax.swing.JFrame;

/**
 *
 * @author Rian Saadillah
 */
public class geo_dasar3 {
public static void main( String args[])
   {
       // menciptakan jendela/frame dari geo_dasar_panel1
      JFrame frame = new JFrame( "Menggambar obyek dari bentuk geometri" );
      frame.setDefaultCloseOperation( JFrame.EXIT_ON_CLOSE );
      geodasarpanel4 geopanel3 = new geodasarpanel4();
      frame.add( geopanel3 );
      frame.setBackground( Color.WHITE ); 
      frame.setSize( 600, 400 ); 
      frame.setVisible( true );
      } 
    
}

Setelah framenya selesai dibuat dan tidak ada error barulah kita akan memulai membuat satu class lagi yaitu kelas untuk menggambar objek mobil yang akan kita buat, sourcodenya bisa dilihat di bawah ini teman-teman

package Belajar;
import java.awt.geom.*;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import javax.swing.JPanel;

public class geodasarpanel4 extends JPanel {
public void paintComponent( Graphics g )
   {
      super.paintComponent( g ); 
      Graphics2D g2d = ( Graphics2D ) g; 

    Ellipse2D roda1=new Ellipse2D.Double(80,110,20,20); 
    Ellipse2D roda2=new Ellipse2D.Double(175,110,20,20); 

    g2d.draw(roda1); 
    g2d.draw(roda2); 

    Arc2D busur=new Arc2D.Double(60,80,120,70,20,140,Arc2D.CHORD); 
    g2d.draw(busur); 

    GeneralPath lintas=new GeneralPath(GeneralPath.WIND_EVEN_ODD);
    lintas.moveTo(50,100);
    lintas.lineTo(200,100); 
    lintas.lineTo(260,120);
    lintas.lineTo(50,120);
    lintas.lineTo(50,100);

    g2d.draw(lintas);
         }
    
     }
Nah setelah teman-teman simpan maka hasilnya akan seperti dibawah ini

Hasil :


Teman-teman akhirnya mobil kita sudah jadi, tinggal memberikan warna pada mobil kita tapi nanti di posting selanjutnya, saya mau pergi kuliah dulu hehhee




=Semoga bermanfaat=

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :