Jumat, 18 September 2015

Rian Saadillah

Ini Adalah Keunikan Pulau Lombok Yang Wajib Kalian Tau

Peta Pulau Lombok
Pernah liburan ke lombok? atau belum tau lombok itu dimana? kalo kalian belum tau lombok dimana, berarti kalian mainnya belum jauh, kalian belum menjadi traveller sejati. huhuy Pulau lombok adalah sebuah pulau yang berada di timur bali. Kalo kalian menyeberang ke pulau lombok dari pulau bali, kalian membutuhkan waktu selama +/- 4 jam bisa lebih lama jika kondisi laut tidak membaik yaitu sekitar bulan juli sampai oktober. Tapi di hari-hari biasa normalnya 4 jam dan bisa lebih singkat 3 jam jika kalian berangkatnya malam hari sekitar jam 12 mlm, karena biasanya Kapal yang kalian tumpangi kalo malam hari lebih bagus dan tidak panas karena berdesakan dengan penumpang lain kalo berangkatnya siang atau pada pagi hari. Biaya transportasi untuk menyeberang dari pelabuhan padangbae ke pelabuhan lembar jika kalian menggunakan sepeda motor akan dikenakan biaya 101.000 sedangkan untuk pejalan kaki atau tidak menggunakan kendaraan akan dikenakan biaya 30.000.

Untuk kalian yang akan menggunakan transportasi udara dari bali hanya membutuhkan waktu +/- 30 menit dari bandara ngurah rai ke BIL (Bandara nternasional Lombok, sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk terbang dari denpasar ke lombok berkisar 200k. Setelah mengetahui estimasi biay a, kemudian kita akan ulas sedikit tentang pulau lombok. Lombok berprovinsi di kota mataram, dan memiliki 3 kabupaten yaitu kabupaten lombok timur, lombok tengah dan lombok barat, lombok selatan (dalam proses pemekaran). Lombok adalah kebalikan dari Bali (loh kok bisa?) bisa dong, jika pulau bali memiliki sebutan pulau dewata/seribu pura karena mayoritas penduduknya beragama hindu maka lombok juga memiliki sebutan atau julukan pulau seribu masjid karena di pulau ini kalian akan menemukan banyak sekali masjid karena mayoritas penduduknya beragama muslim.

Ada yang menarik di Pulau ini tentang tempat ibadah, jadi didaerah saya Lombok Timur tempat ibadah itu memiliki 2 macam yaitu Masjid dan Santren (mungkin bahasa indoensianya Surau). di setiap kampung memiliki satu bahkan lebih santren dari yang berukuran kecil sampai yang berukuran agak besar. Bedanya dengan masjid, santren tidak digunakan untuk shalat jumat/shalat idulfitri dan idul adha. tapi santren ini lebih ke kegiatan keagamaan maupun tradisi oleh masyarakat kampung. Misalnya acara peringatan maulid nabi Muhammad SAW, memperingati peristiwa isra' mi'raj, acara sunatan, acara nisfu sa'ban, pengajian anak-anak kampung dan masih banyak lagi. Bedanya dengan masjid hanya saja Santren tidak digunakan sebagai tempat jumatan dan ibadah-ibadah besar keagamaan.

Suku Sasak adalah Suku Asli di Pulau Lombok

Suku sasak
Lombok memiliki suku asli yang bernama suku sasak, suku sasak adalah suku yang mendiami pulau lombok dan menggunakan bahasa sasak sebagai bahasa asli dan digunakan untuk berbicara dalam kesehariannya. Menurut sejarah yang kata Sasak berasal dari kata sa'-saq yang berarti "yang satu" sedangkan lombok beraasal dari kata "Lomboq" yang berarti Lurus. Disuatu daerah di bawah kaki gunung rinjani ada praktikunik dalam menjalankan agama islam. Praktik unik ini disebut oleh orang lombok sebagai islam wetu telu, wetu telu berarti waktu tiga. Menurut cerita yang berkembang dimasyarakat, adanya islam waktu tiga ini karena penyebar islam pada masa lampau menyebarkan silam secara bertahap. Karena sebelum islam masuk, pulau lombok sebagian besar menganut animisme atau percaya kepada roh leluhur. Jadi proses penyebaran islam waktu itu dilakukan secara bertahap dan hati-hati dan yang pertama yang dikenalkan islam adalah ketua sukunya yang dimaksudkan supaya penyebaran lebih mudah diterima oleh pengikutnya.

Praktik Islam Wetu Telu

Masjid Penganut Islam Wetu Telu
Ketika sudah di islamkan ketua sukunya kemudian diajarkan shalat, menurut cerita orang-orang tua yang shalat adalah ketua sukunya artinya pengikutnya diwakilkan dan kemudian praktik tersebut sampai sekarang yaitu penganut islam wetu telu yang beribadah hanya tetua-tetua adat saja. Sebelum mereka mengenal islam secara lengkap dan diajarkan baru tiga waktu yaitu subuh, dzuhur dan asar saja (jika tidak salah) penyebar islam tersebut berpulang menuju sang pencipta sehingga mereka hanya mengenal tiga waktu saja dan praktik ibadahnya hanya di lakukan oleh tetua-tetua adatnya saja, itulah mengapa disebut sebagai islam wetu telu atau islam waktu tiga.

Praktik Ibadah Islam Wetu Telu
Tetapi saat ini, penganut islam wetu telu sudah sangat sedikit dikarenakan sudah banyak dai-dai yang menyebarkan islam secara masif dan banyaknya sekolah-sekolah agama di pulau lombok membuat islam wetu telu semakin terpinggirkan, tapi peninggalan-peninggalannya masih ada, dan saksi bisu penyebaran islam wetu telu ini adalah sebuah masjid yang hanya digunakan waktu-waktu tertentu ketika merekan akan melakukan ibadah.

Menculik/Malik Tata CAra Nikah Di Lombok

Ilustrasi Menculik
Adat istiadat lombok juga dapat dilihat dari acara dan proses perkawinannya yang berbeda dengan tempat-tempat lain di indonesia. Dimana ketika seorang laki-laki ingin menikah maka si laki-laki terlebih dahulu menculik si gadis pujaan dari rumahnya. Namanya menculik berarti tanpa sepengetahuan orangtuanya dooong. Kemudian, setelah si gadis di culik, laki-laki tersebut tidak boleh membawa calonsitrinya langsung ke rumahnya tetapi dibawa ke tempat keluarga di luar keluarga inti proses in disebut dengan merariq atau pelarian. Setelah itu orang tua laki-laki memberi kabar ke kliang atau  kadus atau tetua adat bahwa anaknya membawa anak gadis yang hendak akan di nikahi. Kemudian tetau ada akan memberi kabar ke tetua adat dimana tempat si gadis tinggal. Kemudian peritiwa tersebut akan di ributkan oleh warga bahwa si A dengan si B menikah.

Setelah kedua keluarga tahu kemudian keluarga laki-laki akan mengirimkan 5 utusan yang diutus ke rumah calon menantu proses ini disebut dengan nyelabar atau memberi kabar ke keluarga perempuan. Proses nyelabar ini juga tidak boleh dilakukan di dalam rumah perempuan melainkan mereka akan duduk bersila didepan rumah dan satu orang utusan dari rombongan laki-laki akan menyampikan pemberitahuan atau menjadi juru bicara.

Sebenarnya menikah secara menyampikan langsung kepada orang tua calon istri lebih terhormat dan lebih baik dari pada menikah dengan cara menculik, tetapi cara ini jarang di lakukan oleh orang lombok, untuk menghindari sesuatu yang tidak diharapkan misalnya tidak setujui dan karena keadaan ekonomi laki-laki. Karena dengan cara izin langsung ke orang tua gadis biasanya menghabiskan biaya yang besar dibandingkan dengan cara menculik. Mengapa demikian? Karena mindset calon mertua jika kalian ijin lansung ke ortu si caln istri mereka mengira kalian adalah orang kaya atau berasal dari keluarga yang berada maka biasanya ortu si perempuan akan meminta uang jaminan atau uang balas jasa karena sudah memelihara calon istrimu yang besar. Maka untuk menghindari perminntaan yang besar tersebut makan orang lombokmenggunakan cara yang elegan yaitu dengan cara menculik si gadis pujaan.

Olahraga Ketangkasan Peresean
 
Peresean Olahraga Ketangkasan Lombok
Selain itu lombok juga memiliki olahraga ketangkasan yaitu olahraga peresean, olahraga ini biasanya diadakan ketika musim panen tiba atau setelah musim panen. Kemudian warga akan berkumpul dan memadati acara peresean ini. Peresean dilakukan oleh 2 orang dengan bersenjatakan 1 buah rotan dan tameng. Tameng ini di buat dari kulit sapi yang dibentuk persegi panjang untuk melindungi diri dari cambukan lawan. Orang yang melakukan peresean di namakan "Pepadu" atau jika di bahasa indonesikan disebut Petarung. Dua orang ini nanti akan bertarung dengan saling memberikan cambukan ke tubuh lawannya dari kepala sampai kaki. Pertarungan di hentikan oleh wasit jika salah satu dari petarung mengeluarkan darah. Peresean ini biasanya di iringi oleh gendang beleq untuk menyemangati pepadu supaya dapat beratrung dengan baik.

Selain olahraga peresean, lombok juka mempunyai beladiri loka yang dinamakan dengan pencak sasak. Pencak sasak ini sama halnya dengan pencak silat yang ada di indoensia dan merupakan kekayaan budaya yang salah satunya di miliki oleh lombok. Untuk mempelajari pencak sasak ini tidak boleh sembarangan karena harus melewati beberapa ritual slah satunya adalah ritual ceraq, yang dimana ritual ini salah satunya di maksudkan supaya ketika lawan melakukan serangan ketubuh, kita tidak berkedip dan dapat menangkap serangannya. Beladiri ini memiliki 3 jurus diantaranya adalah tangan kosong, jurus toya dan pisau. Beladiri ini selama beberapa dekade tidak terdaftar di IPSI karena beladiri ini termasuk berbahaya karena serangannya yang bisa langsung dan mencederai lawan. Karena menurut cerita yang pernah saya dengar, jika serangan kalian memukul dan di serangan kalian ditangkap maka pilihan cuma satu yaitu patah. Tetapi beberapa tahun ini saya mendengar bahwa beladiri pencak sasak ini sudah terdaftar menjadi beladiri prestasi yang bernama silat mata pisau yang berkembang di daerah lombok timur tepat mbung tiang.

Pencak Sasak Beladiri Asli Pulau Lombok

Pencak Silat Indonesia
Karena sudah menjadi beladiri prestasi maka pencak sasak yang asli sudah beberapa dihilangkan mungkin saja diajarkan tetapi tidak boleh digunakan ketika akan bertarung diarena pertandingan. Seorang yang ahli dan memiliki ilmu beladiri ini biasanya hanya mengajarkannya pada anggota keluarga saja dan jarang sekali akan mengajarkannya pada orang lain karena dikhawatirkan akan digunakan untuk sesuatu yang tidak baik, karena beladri ini sangat berbahaya jika di gunakan sembarangan. Itulah beberapa alasan mengapa beladiri ini sangat terbatas diajarkan kepada orang lain, tetapi jika kalian yang ingin mengetahui beladiri pencak sasak ini, kalian bisa mempelajarinya di daerah mbung tiang yang bernama silat mata pisau. Mungkin beberapa jurus di hilangkan tetapi untuk memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia persilatan maka tidak ada salahnya hahahahhaa

Pulau lombok tidak hanya kaya dengan kebudayaannya tetapi buat kalian yang suka travelling lombok memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa menjadi pilihan kalian. Objek wisata yang ada dilombok sangat variatif dari pantai, gunung, air terjun, wisata religi, taman. Untuk pantai kalian bisa mencari pantai-pantai yang sudah terkenal di lombok misalnya senggigi, pantai kute pantai kaliantan dan masih banyak lagi. sedangkan wisata religi kalian bisa berkunjug ke masjid-masjid dan tempat-tempat bersejarah dan kalian bisa mengetahui sejarah penyebaran islam di lombok. Buat kalian yang suka mendaki....hmmmmmmmmm Rinjani adalah gunung ke dua tertinggi dan terindah, ada statement oleh para pendaki yang bilang begini "Kalo kalian pendaki, tapi belum mendaki rinjani, kalian belum bisa di sebut pendaki" waw saking segitunya ya. Buat kalian yang suka wisata ketaman, kalian bisa ke taman narmada atau taman udayana. Taman narmada sama dengan taman sarinya yogya lohhhh. Sedangkan kalian yang suka air terjun, di kaki gunung rinjani banyak sekali air terjun dan berbagai karakteristik dan keunikannya kalian bisa pilih. Buat kalian yang suka dengan sunrise tapi malas mendaki kalian bisa ke sembalun hmmm lombok kurang apa cobak.

Semua tulisan diatas adalah pengetahuan saya yang di hasilkan dari cerita orang-orang tua dulu dan berdasarkan pengalaman, jIka ada yang kurang mohon di tambahkan di kmentar ya. Dan satu lagi, jangan lupa main ke lombok. :D :D

Rian Saadillah

About Rian Saadillah -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :